Website Resmi Rohani Islam SMA Negeri 2 Semarang, berisi info kegiatan dan artikel-artikel menarik lainnya
Home » » After Muslim Gravity 2018

After Muslim Gravity 2018

Written By Rohis Smanda Semarang on Wednesday, March 21, 2018 | 21.3.18

Assamu’alaikum sobat Rohis Smanda.. apa kabar nih? Alhamdulillah proker tahunan Rohis terbesar, Muslim Gravity sukses dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Maret 2018. Hmmm kali ini kita mengangkat tema “SATU HATI, SATU JIWA, UMAT MUSLIM BERSAUDARA”
Menarik kan teman-teman? HeheJ
Guest star kami kali ini adalah ustaz Abdul Kaafi. Siapa sih yang ga tau beliau? Pastinya sudah pada tau dongg.. yapps pengisi ceramah di salah satu channel swasta, Trans Tv dalam acara Islam Itu Indah.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, penampil yang ikut meramaikan acara tersebut adalah juara 1 dan juara 2 Seni Kreasi Musik yang telah dilaksanakan dalam rangka Road to Muslim Gravity 2018, Nice Voice , Rebana Anjamil , dll. Selain itu, kami juga membagikan ciput untuk akhwat-akhwat smanda dengan syarat apabila bisa menjawab pertanyaan dari kami seputar agama islam, maka akan dihadihi ciput dan stiker.
Berikut kemeriahan acara Muslim Gravity 2018,
Jamaah Tabligh Akbar Muslim Gravity 2018
Dimulai dari penampilan juara 2 Lomba Seni Kreasi Musik XI MIPA 12 sebagai sajian pertama dari acara tsb.
 
Penampilan Juara 2 SKM XI MIPA 12
Memasuki acara pembukaan dan menyayikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh siswa siswi SMA N 2 Semarang, dan dilanjut dengan pembacaan tilawah Al Qur’an dan sari tilawah.
Pembacaan tilawah dan sari tiawah
Pada kesempatan kali ini Muslim Gravity dibawakan oleh MC dari pengurus Rohissmanda semdiri yaitu Muhammad Rafif Aditya XI MIPA 3 dan Sya’ary Noor Ikhlasul Haq X MIPA 4.


Dalam Muslim Gravity 2018, pihak Rohissmanda turut mengundang para pejabat daerah setempat dan memberikan kesempatan untuk sambutan sambutan.

Sambutan Ketua Panitia Mulim Gravity 2018
Abdullah Zidan Haqqoni 

Sambutan Kepala Sekolah
Bapak Yuwana M.Kom
Sambutan Kemenag Kota Semarang
Dalam beberapa kesempatan yang lalu yakni 3 Februari 2018 telah dilaksanakan Muslim Gravity Competition dan pada puncak acara ini dibacakan oleh PJ Muslilm Gravity Competition Muhammad Nafis Ubaidillah X MIPA 4 berdasarkan hasil keputusan juri para pemenang lomba antara lain
Pembacaan Pemenang oleh PJ lomba Muslim Gravity 2018 
Lomba Seni Kreasi Musik
                Juara 1 : X IPS 1
                Juara 2 : XI MIPA 12
                Juara 3 : XI MIPA 8

Para Pemenang Lomba SKM
Lomba Kaligrafi
                Juara 1 : Akmal A.B                     XI MIPA 3
                Juara 2 : Sanintya A.                    XI IPS 2
                Juara 3 : Aziz Wahyu L.               XI MIPA 10

Best Sopporter XI MIPA 8

Para Pemenang Lomba Kaligrafi dan Best Supporter

Lomba Cerdas Cermat Islam
                Juara 1 : Nur Aini S.                     XI MIPA 8
                Juara 2 : Fahrel Heiza S.               XI MIPA 5
                Juara 3 : Ulfah Khoirunnisa           X MIPA 8

Para Pemenang Lomba CCI
Kemudian juga ada penampilan terbaik dari Juara 1 Seni Kreasi Musik X IPS 1

Penampilan Juara 1 SKM X IPS 1
Setelah itu ada juga penampilan indah dari Nice Voice Smanda

Penampilan Nice Voice Smanda
Dan penyajian memukau dari Rebana Anjamil Hidayat Smanda yang berhasil membuat penonton tertarik dan menikmati penampilan tsb.

Penampilan Anjamil Hidayat Smanda

Acara sangat berjalan lancar hingga inti acara yaitu tausiyah Ustadz Abdul Kaafi dalam ceramah yang berdurasi kurang lebih 1 jam beliau menyampaikan atau sharing beberapa hal berikut.

Ustadz Abdul Kaafi
·         Lunturnya nilai islami
Generasi muda jaman sekarang sudah mulai luntur nilai nilai islamnya. Bisa dilihat salah satu contoh sekarang kalau dimasjid yang adzan yang iqamah yang imam yang menjaga kebanyakan aki aki. Padahal mereka sudah tua. Seharusnya anak muda yang peka mereka menggantikan posisi yang sudah diisi oleh aki aki tersebut.
·         Semangat Belajar Berjuang Bertaqwa
Kita sebagai generasi muda harus terus belajar dan mencari ilmu juga mendalaminya. Semua sudah diatur dalam hadis rosulullah, kita tinggal mencari hadis tersebut dan mempelajarinya. Karena kedalaman ilmu sangatlah penting. Kita ingin melakukan sesuatu, menyeleseikan persoalan persoalan harus pakai ilmu. Jangan asal. Sehingga wawasan kita luas dan dapat menyeleseikan problematika kehidupan. Seperti contohnya, saya pernah ditanya: ustad mengapa kalau kita solat duduk tahytul akhir yang diacungkan harus tangan telunjuk bukan tangan jempol. Ternyata, dibalik semua itu ada makna atau hikmat tersendiri.  Kita dianjurkan untuk mengacungkan tangan telunjuk karena ketika kita mengacungkan telunjuk ada syaraf yang terhubung dengan seluruh tubuh dan itu dapat melancarkan peredaran darah ,
Diangkatnya jari telunjuk saat shalat agar terkumpul isyarat TAUHID dalam dirinya baik secara keyakinan, ucapan dan perbuatan.
Contoh lain ketika kita mengucapkan salam. Dalam pengetahuan kita, mengucapkan salam sunnah hukumnya namun menjawab salah wajib hukumnya. Namun, ketika kita tidak dilandasi ilmu,  semua menjawab salam, jita anggap wajib. Padahal ada beberapa salam yang tidak wajib dijawab salah satunya salam buat orang yang sudah meninggal, salam waktu masuk kuburan. Kalau kita menjawab salam tersebut, sama saja kita didoakan buat mati. Kemudian salam ketika solat. Ketika imam tahyat akhir, kemudian mengakhiri solatnya dengan salam, kita sebagai ma' mum tidak wajib menjawab. Kalu kita tidak dilandasi dengan ilmu, kita bisa saja mengira ketika imam salam kita salamnya menjawab waalaikumusslam, padahal itu dapat membatalkan solat karena tidak sesuai tuntunan nabi.
·         Kunci Sukses
Banyak diantara kita yang ingin sukses. Salah satu kunci sukses yaitu dengan mendekatkan diri kepada Allah, berusaha, berdoa, dan pasrahkan semua hasilnya kepada Allah. Perbanyak membaca Alquran, berdoa agar dibangunkan di sepertiga malam, insyaAllah kita bisa meraih apa yang kita inginkan.
·         Lunturnya Akhlaqul Karimah
Zaman sekarang sudah mulai krisis akhlaqul karimah, sudah digerogoti dengan 3F yaitu
1.       Food(makanan)                = Adanya makanan barat yang mulai menjajah makanan lokal.
2.       Fashion(pakaian)             = Pakaian yang mulai meniru bangsa barat, perubahan tersebut dapat menurunkan iman kita.
3.        Fun(hiburan)                    = bangsa barat menciptakan game online yang dapat melalaikan kewajiban kita, seperti sholat, mengaji, dll.
Ustaz Abdul Kaafi berpesan agar akhlak kita tidak hilang, marilah belajar agama. Dengan belajar agama kita dapat mengetahui pertanyaan yang benar dan jawaban yang benar. Sebab akhlakul karimah yang dibangun dengan ibadah itu yang utama.
Terimakasih sudah berpartisipasi, semoga postingan ini bermanfaat. Jazakumullah katsiran
SALAM UKHUWAH !!!

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuhJ

Foto bersama Pengurus Rohissmanda bersama Ustadz Abdul Kaafi 

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Nusanadaft | Syiar Smanda | AFLAH WEB
Copyright © 2009-2014. ROHIS SMANDA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (Q.S. Muhammad ayat 7)