Website Resmi Rohani Islam SMA Negeri 2 Semarang, berisi info kegiatan dan artikel-artikel menarik lainnya
Home » » Muslim Gravity 2016

Muslim Gravity 2016

Written By Rohis Smanda Semarang on Sunday, March 6, 2016 | 6.3.16

Assalamualaikum Wr. Wb. ^^

Alhamdulillahirobbil alamin...

Event Moslem Gravity yang merupakan program kerja Rohis SMA 2 Semarang dalam bentuk tabligh akbar telah terlaksana kedua kalinya pada tahun ini. Moslem Gravity kali ini bertemakan “The Real Generation of Muslim” yang bermaksud untuk mengembalikan hakikat muslim sesungguhnya yang berpedoman pada AlQuran dan AlHadist. Moslem Gravity merupakan salah satu ajang berdakwah di ruang lingkup SMA 2 Semarang.





Acara ini diawali dengan lomba-lomba antarkelas. Pada Moslem Gravity tahun ini terdapat tiga jenis lomba. Yang pertama yaitu lomba kaligrafi yang dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Januari 2016. Selanjutnya ada lomba seni musik dan lomba cerdas cermat yang masing-masing diadakan babak seleksi pada hari Rabu, 13 Januari 2016 dan dilanjutkan babak final pada hari Sabtu, 30 Januari 2016. Walaupun hari sabtu adalah hari libur, tapi siswa SMA 2 tetap masuk dan menunjukkan solidaritas mereka untuk mendukung teman mereka walaupun kelas mereka tidak lolos. Berikut adalah daftar pemenang lomba :

• lomba seni musik
- Juara I : XI IPA 3
- Juara II : X IPS 2
- Juara III : XI IPA 4

• lomba cerdas cermat :
- Juara I : X IIS 1
- Juara II : XI MIPA 7
- Juara III : XI MIPA 8

• lomba kaligrafi :
- Juara I : X IPA 3
- Juara II : XI IPA 8
- Juara III : XI IPS 3

Selamat ya, bagi pemenang lomba dan tetap semangat bagi yang belum menang. Tetap berdakwah di jalan Allah ya.

Pengajian akbar yang digelar pada tanggal 26 Februari 2016 lalu merupakan puncak acara event ini. Rohis SMA 2 mendatangkan Ustadz May Riza Kurnia atau yang lebih akrab disapa Ustadz Riza Muhammad sebagai mubaligh pada tabligh akbar ini. Kedatangan ustadz yang lahir di Situbondo ini disambut dengan hangat oleh Kepala Sekolah dan guru-guru. Ketika ustadz ini memasuki area tabligh akbar, siswa SMA 2 tampak bersorak gembira terkhusus kaum hawa.

Tabligh Akbar dibuka oleh pembawa acara yaitu Hamzah Haz (XI MIPA 6) dan Syarifa Intan (X MIPA 12) dilanjutkan pembacaan tilawah oleh Muthmainnah Imtiyaz (X MIPA 11) dan sari tilawah oleh Nur Istiqomah (XI MIPA 7) sebagai pembuka acara. Siswa SMA 2 menyimak pembacaan dengan khusyuk. Setelah itu dilanjutkan sambutan-sambutan dari ketua panitia, kepala sekolah, dan kepala dinas. Setelah itu acara moslem gravity diisi dengan penampilan grup rebana Al-Hidayah, grup Nasyid Ashab Voice, grup Nasyid Nafafira, pemenang lomba seni musik dan disisipi dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah lomba seni musik, kaligrafi, maupun lomba cerdas cermat serta disisipi juga dengan kuis-kuis yang memancing antusias siswa.

Setelah semua penampilan selesai, dilanjutkan dengan pembacaan tilawah oleh Ibu Umi Khasanah S.Pd dan sari tilawah oleh Ibu Ida Yunara S.Pd sebagai pembuka pengajian. Kemudian Ustadz Riza Muhammad naik ke atas panggung diiringi dengan sorakan dari siswa SMA 2 Semarang.

Ustadz penyuka India ini menyampaikan tausiyah dengan semangat dan samasekali tidak membuat siswa bosan. Sesekali ustadz ini menyanyikan lagu-lagu maupun sholawatan untuk sisipan tausiyahnya. Beliau memberi banyak pesan untuk generasi muda yang notabene mudah terbawa arus fenomena sosial yang menyimpang. Salah satu pesan yang ia sampaikan yaitu mengenai tindakan yang dapat merusak moral bangsa yang disingkat 3S (Sex,Sport,Song). Janganlah mencoba pergaulan bebas. Bahkan ustadz tersebut juga berkata kalau di dalam kelas saat KBM lebih baik tempat duduk ikhwan dan akhwat dipisah.

Pemain sinetron pesantren rock n roll ini juga memanggil dua siswa yang hafal juz 30 untuk di tes sambung ayat di atas panggung. Ustadz memanggil satu ikhwan dan satu akhwat. Mereka adalah Muhammad Fauzi (X IIS 1) dan Alfisna Fajru Rohmah (XI MIPA7). Mereka di uji hafalan juz 30 dengan saling menyambung ayat. Bahkan beliau juga menyarankan pada bapak ibu guru untuk menjadikan hafalan juz 30 sebagai syarat kelulusan. Sebelum pengajian berakhir, Ustadz Riza Muhammad menyanyikan dua lagu dan selanjutnya doa penutup.

Setelah acara tabligh akbar ini selasai, dilanjutkan sholat jumat berjamaah di aula. Semua ikhwan berbondong-bondong menuju ke aula untuk menunaikan kewajiban mereka. Ustadz Riza Muhammad sebagai khotib dan Bapak Ahmad Muwaffiq S.Pd sebagai imam serta Abdullah Baligh Amali (XI MIPA 5) sebagai bilal. Semua siswa tampak khusyuk dalam mendengarkan khutbah maupun saat sholat jumat.

Acara ini akan ditutup dengan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. insyaaAllah akan dilaksanakan pada hari Kamis, 10 Maret 2016 di panti asuhan cacat ganda.

Setelah mengikuti kajian tabligh akbar ini, siswa SMA 2 Semarang diharapkan mampu untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan mereka sehingga mereka tidak mudah terbawa arus penyimpangan apalagi terjerumus dalam kemaksiyatan.









Wassalamualaikum Wr. Wb. :)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Nusanadaft | Syiar Smanda | AFLAH WEB
Copyright © 2009-2014. ROHIS SMANDA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (Q.S. Muhammad ayat 7)