Website Resmi Rohani Islam SMA Negeri 2 Semarang, berisi info kegiatan dan artikel-artikel menarik lainnya
Home » , » Sepuluh Langkah menyambut Ramadhan

Sepuluh Langkah menyambut Ramadhan

Written By Rohis Smanda Semarang on Friday, July 23, 2010 | 23.7.10



1. Berdoalah agar Allah swt. memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan bulan Ramadan dalam keadaan sehat wal afiat.
Sebagai umat muslim kita tentunya senang donk ketemu Bulan Ramadhan lagi. Sahabat Nabi aja ada yang pernah berkata Andai semua bulan itu Bulan Ramadhan. Subhanallah...

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah pernah berdoa Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan. (HR. Ahmad dan Tabrani)

2. Bersyukurlah dan puji Allah atas karunia Ramadan yang kembali diberikan kepada kita.
Alhamdulillah.., kita kini sudah memasuki bulan Sya'ban yang sebentar lagi akan menyongsong Bulan Ramadhan. Memasuki bulan Ramadhan kita emang harus banyak bersyukur karena Allah telah memberikan umur panjang kepada kita.

3. Bergembiralah dengan kedatangan bulan Ramadhan
Haiyoo..., jujur siapa yang nggak suka kalau bulan Ramadhan tiba?? Kalau admin percaya, yang buka blog ini plus baca tulisan ini pasti seneng bulan Ramadhan tiba, buktinya mau baca tulisan ini. Hihihi

Rasulullah selalu memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya ketika bulan Ramadhan tiba. Sabda Rasulullah.. "Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).

4. Rancanglah agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadhan
Berhubung bulan Ramadhan itu cuma sebulan dalam setahun. Waktunya kan pastinya singkat banget tuh.. Nah alangkah baiknya, sebelum bulan Ramadhan tiba kita sudah menyusun target-target apa yang akan dicapai di bulan Ramadhan. Kalau perlu untuk memotivasi kita setiap hari, tempel aja target itu di kamar masing-masing.

5.
Bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadan dengan ketaatan.
Yang biasanya kalau sekolah istirahat ke kantin, nah pas puasa kan banyak luangnya tuh.. Pergunakan aja dengan membaca Al Quran atau bisa shalat Dhuha di masjid. Pokoknya segala sesuatu yang bisa menambah iman kita deh..




6.
Pelajarilah hukum-hukum semua amalan ibadah di bulan Ramadan

Yaps! Bener banget nih. Kita harus tahu ilmu. Kalau nggak tahu ilmu gimana mau menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan? Yang ada malah kesia-siaan ntar kalau kita melakukan ibadah tanpa ilmu hanya berdasar 'mengekor'.

Daripada kita ikut-ikutan terhadap sesuatu yang masih dipertanyakan keabsahan ilmunya mendingan kita belajar dulu, trus hasil belajar kita ditularin deh ke temen-temen yang lain. Nah malah nambah pahala nyebarin ilmu.

7. Sambut Ramadhan dengan tekad meninggalkan dosa dan kebiasaan buruk.
Mulai sekarang, kita tata kebiasaan dan cara hidup kita. Apakah ada yang menyimpang dari perintah Allah?
Nah kalau kita menemukan langsung aja cut habis biar nggak mengotori hati, bertahap juga nggak apa-apa. Kalau kita

8. Siapkan jiwa dan ruhiyah kita dengan bacaan yang mendukung proses tadzkiyatun-nafs.
Apa sih tadzkiyatun nafs? Tadzkiyatun Nafs itu pensucian diri. Kunjungin aja majlis-majlis ilmu yang membahas keutamaan, hukum, dan hikmah puasa sehingga kita siap menghadapi bulan Ramadhan

9. Siapkan diri untuk berdakwah di bulan Ramadhan dengan:

· buat catatan kecil untuk kultum tarawih serta ba’da sholat subuh dan zhuhur.

· membagikan buku saku atau selebaran yang berisi nasihat dan keutamaan puasa.

10. Sambutlah Ramadhan dengan membuka lembaran baru yang bersih

Kepada Allah, dengan Taubatan nashuha.

Kepada Rasulullah saw., dengan melanjutkan risalah dakwahnya dan menjalankan sunnah-sunnahnya.

Kepada orang tua dan karib kerabat, dengan mempererat hubungan silaturrahmi.

Kepada masyarakat, dengan menjadi orang yang paling bermanfaat bagi mereka. Sebab, manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.


Source : dakwatuna.com


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

May 24, 2017 at 2:31 AM

Ramadan starts on Saturday, 27th May in all countries of the world, Insha Allah! Please read our Ramadan 2017 announcement for more information by clicking on below link:
http://www.makkahcalendar.org/en/ramadan-2017/

Post a Comment

 
Support : Nusanadaft | Syiar Smanda | AFLAH WEB
Copyright © 2009-2014. ROHIS SMANDA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (Q.S. Muhammad ayat 7)